MEDIA ONLINE

MEDIA ONLINE
Click Me

Kamis, 17 Agustus 2017

Menyalurkan Hobi Menanam Pohon Tin Menuai Sejuta Manfaat


ratukencana514blogspot.com, Pekanbaru -  Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari genus yang sama, yaitu Ficus.


Buah tin memiliki beragam manfaat seperti :

1.Menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner, karena mengandung Kalium, Omega 3, dan Omega 6.
2.Mengurangi resiko kanker prostat, karena mengandung Coumarin.
3.Membantu mengurangi kolesterol darah, karena mengandung Pektin.
4.Efektif menurunkan berat badan, karena kaya serat.
5.Mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, karena mengandung Kalsium.
6.Dapat dimakan sebagai alternatif asupan Kalsium bagi orang yang alergi terhadap produk susu.
7.Menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik, karena mengandung Trytophan.
8.Mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar jika dikonsumsi secara rutin.
9.Mengobati sembelit kronis, karena mengandung efek pencahar.
10.Kaya akan Fenol dan Benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor, membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, dan     virus dalam tubuh manusia.
11.Menghilangkan keasaman pada tubuh, karena mengandung zat sejenis alkalin.

Pohon Tin Yang Siap Berbuah

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat.

Tren menanam buah tin sudah di galakkan di indonesia yang juga merambah ke berbagai kedaerah di indonesia, salah satunya di kota pekanbaru.

Salah satu penghobi nenanam pohon tin di pekanbaru “dodi” mengatakan telah melakukan hobinya semenjak dua tahun silam, diawal menekuni hobinya ini dia mendatangkan bibitnya dari daerah pulau jawa, karena pada saat itu masih sangat jarang warga yang membudidayakan pohon tin ini.

Mendatangkan bibit dari luar daerah bukan tanpa resiko katanya, yang sering di alami ketika bibit sampai di tempat, ternyata sudah layu dan bahkan sampai mati, karena lama nya waktu pengiriman.

Bibit Pohon Tin

Dikatakan owner pembibitan al khalifi ini, perawatan buah tin tidaklah sulit, cukup memberikan pupuk kompos dan disiram 2 hari sekali, yang harus dijaga jangan sampai terjadi karat daun akibat dari kurangnya penyiraman dan pemberian pupuk.

Pembudidayaan yang sering dilakukan ialah dengan cara mencangkok batang, hal ini dilakukan agar pohon tin dapat cepat berbuah, dikatakanya mulai dari setelah pencangkokan hanya memerlukan waktu 3 bulan pohon tin sudah bisa berbuah.

 Owner Pembibitan Al Khalifi "Dodi"
Saat ini pembibitan al khalifi yang berlokasi di jalan dirgantara timur no 13 pekanbaru ini memiliki lebih dari 20 jenis varietas.

Hasil yang di dapat dari hobinya ini cukup menggiurkan, omset rata-rata yang diperolehnya setiap bulan sekitar 10 juta rupiah dari penjualan buah dan bibit.
Dikatakan owner pembibitan al khalifi ini selain hobi tersalurkan, uang didapat dan badan terjaga sehat.

(suarafakta.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BINTANG TOUR & TRAVEL

BINTANG TOUR & TRAVEL
Click Me

SURYA PELANGI KONVEKSI

SURYA PELANGI KONVEKSI
Click Me